Yayasan Cendekia Milenia (YCM) kembali menawarkan beasiswa untuk mahasiswa D-3, S-1, dan S-2 dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan sumber daya manusia (SDM) generasi digital di Indonesia.

Syaratnya terbilang mudah yakni cukup memiliki minat tinggi di dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan digital. Beasiswa yang disiapkan YCM tahun ini mencapai Rp 80 juta per orang.

“Salah satu penggerak ekonomi digital Indonesia terletak di SDM yang kini bertumpu pada generasi muda. Tingginya minat mereka terhadap pengembangan teknologi digital harus dimanfaatkan dengan baik.

Itulah mengapa, YCM membuka kesempatan beasiswa bagi mereka yang punya passion di dunia ICT dan digital,” ujar Ripy Mangkoesoebroto, Chairwomen Yayasan Cendekia Milenia, di Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Ripy menilai, penggunaan internet dan digital di Indonesia yang begitu tinggi tidak hanya mengubah gaya hidup, tetapi juga peradaban dan generasi. Melalui teknologi telekomunikasi dan digital, generasi muda tumbuh kreatif, berinovasi, bahkan mampu meningkatkan ekonomi kreatif dan membantu pemerintah dalam mewujudkan Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di ASEAN.

YCM merupakan yayasan pendidikan yang dibentuk Dewan Manajemen Indosat Ooredoo pada 2013. YCM memiliki visi untuk menjadi pintu kesempatan bagi generasi muda yang memiliki ide dan kemampuan dalam mengembangkan dunia telekomunikasi dan digital.

YCM ingin memberikan bantuan pendidikan dan pembelajaran kepada masyarakat dengan mengambil peran aktif dalam mendukung talenta muda melanjutkan pendidikannya.

Secara rutin YCM menawarkan beasiswa kepada generasi muda yang sudah lekat dengan dunia digital dan teknologi. Harapannya agar generasi muda yang memiliki ide dan kemampuan di dunia digital, mendapatkan kesempatan untuk meraih pendidikan lebih tinggi. Tahun ini, YCM kembali membuka kesempatan ke jenjang pendidikan lebih luas, yakni untuk D-3, S-1, dan S-2 dengan nilai hingga Rp 80 juta per orang.

YCM telah bekerja sama dengan Konsultan Edukasi Pelatihan Pendidikan dan Pembinaan Manajemen (PPM) untuk mengadakan proses seleksi beasiswa selama 2013 hingga 2015.

Sejauh ini, ada 698 pelamar dan hanya 30 penerima beasiswa terbaik dengan rincian 3 orang untuk S-1, 25 orang untuk S-2, serta 2 orang untuk beasiswa khusus gelar sarjana di bidang administrasi bisnis dan pelatihan penelitian individu di Universitas Tohoku, Jepang.

Para penerima beasiswa telah mengambil pendidikan di universitas-universitas terkemuka di Indonesia. Seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Tohoku Jepang, PPM Manajemen, Universitas Bina Nusantara, Universitas Mercu Buana, Universitas Trilogi, STIE Mandala, dan ISTN Cikini.

Adapun pendaftaran dibuka hingga 3 Februari 2017. Formulir pendaftaran dan informasi lainnya bisa dilihat di www.cendekiamilenia.org.