di sebuah negara menjadi aspek penting dalam membentuk sebuah negara. Lalu, negara manakah yang memiliki sistem pendidikan dasar terbaik di dunia? Hal ini bisa dijawab dari laporan yang dikeluarkan World Economic Forum (WEF).

Susunan peringkat negara-negara dalam laporan ini berdasarkan 12 pilar daya saing yakni meliputi makro-ekonomi, infrastruktur, kesehatan, efisiensi pasar tenaga kerja, dan pendidikan dasar seperti mengutip The Independent, Selasa (29/11/2016).

Berdasarkan data laporan Global Competitiveness Report, inilah 11 negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia.

11. Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki performa literasi, ilmiah, dan matematika terbaik dunia. Sistem pendidikan negara ini mirip dengan di Indonesia. Para siswa menjalani enam tahun di sekolah dasar, lalu tiga tahun di sekolah menengah pertama dan tiga tahun sekolah menengah atas sebelum melanjutkan ke pendidikan tinggi.

10. Barbados, Karibia

Sebuah negara kepulauan yang terletak di perbatasan Laut Karibia dan Samudera Atlantik ini juga memiliki sistem pendidikan dasar yang baik. Pemerintah negara ini menginvestasikan anggaran belanja negara yang cukup tinggi pada pendidikan. Tak heran tingkat literasi mencakup 98 persen.

Pendidikan di tingkat dasar dari usia empat hingga 11 tahun, lalu dilanjutkan lagi di usia 11-18 tahun. Sebagian besar sekolah dijalankan pemerintah.

9. Selandia Baru

Pendidikan dasar dan menengah di Selandia Baru berlangsung dari usia lima hingga 19 tahun. Dengan wajib sekolah dari enam sampai 16 tahun.

8. Estonia, Eropa

Estonia menganggarkan empat persen dari pendapatan negara untuk pendidikan. Tujuan pendidikan di negara ini adalah menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi perkembangan kepribadian, keluarga dan bangsa.

Dalam sistem pendidikan, sekolah-sekolah di Estonia mengajarkan nilai-nilai kebangsaan, cinta alam, dan kebudayaan. Selain itu, sekolah juga menanamkan tradisi belajar sepanjang hayat.

7. Irlandia

Mayoritas sekolah menengah di Irlandia dimiliki dan dikelola negara. Namun ada juga sekolah kejuruan. Dalam laporan terbaru, terdapat penurunan 15 persen dana pendidikan saat krisis keuangan melanda. Namun kualitas pendidikan mereka tetap terbaik.

6. Qatar

Negara yang kaya berkat minyak ini menjadi salah satu negara yang memiliki inovasi pendidikan dasar paling signifikan serta mendukung riset di pendidikan tinggi, seperti laporan BBC.

Pemerintah menawarkan pendidikan gratis bagi warga negara Qatar. Investasi besar-besaran pada pendidikan anak-anak di Qatar menuju negara mandiri di 2030.

5. Belanda

Data UNICEF 2013 mengungkap anak-anak Belanda merupakan salah satu yang paling bahagia di dunia. Bagaimana tidak, sekolah tidak pernah memberikan pekerjaan rumah. Jadi saat belajar, anak-anak tidak stres dan tertekan.

Sebagian besar sekolah di Belanda milik pemerintah dan hanya sedikit yang swasta.

4. Singapura

Skor Singapur sangat tinggi dalam tes PISA (Programme for International Student Assessment). Ini adalah tes yang bertujuan mengukur dan membandingkan kinerja siswa di seluruh negara.

3. Belgia

Sistem pendidikan negeri dan swasta tersedia bagi seluruh anak-anak usia empat sampai 18 tahun di Belgia. Biaya yang dikeluarkan untuk sekolah juga tidak banyak, bahkan ada juga yang tidak mengeluarkan dana. Ya, dana pendidikan yang digelontorkan pemerintah Belgia memang tinggi.

2. Swiss

Hanya sekitar lima persen siswa di Swiss yang bersekolah di swasta, sisanya bersekolah di negeri. Mengenai bahasa yang digunakan berbeda-beda tiap sekolah tergantung letaknya. Jadi bisa saja menggunakan bahasa Jerman, Prancis atau Italia.

1. Finladia

Negara satu ini sering menduduki peringkat teratas dalam pendidikan. Anak-anak di Finlandia bisa sekolah dengan bahagia karena tidak mereka tidak pernah dibebani tugas sekolah. Ada satu tes wajib sekolah pada usia 16 tahun.